Blogger news

Minggu, 31 Agustus 2014

Misteri tindihan yang bikin bulu kuduk merinding

Tiba-tiba tubuh ini sudah sekali digerakkan. padahal kita sadar kalau kita sedang tertidur. Terkadang kita merasa sudah bangun, ternyata itu belum. Ngerinya lagi, kita seolah-olah melihat diri kita sedang tidur terlelap. Itulah fenomena mengerikan yang dialami banyak orang.



Penampakan entitas saat tindihan. (YouTube)

Tindihan atau tidak bisa bergerak saat tiba-tiba terbangun tengah malam sering dikaitkan dengan keberadaan jin atau hantu. Mitos itu sebentar lagi pasti ditinggalkan, sebab ilmuwan telah menemukan senyawa di otak yang memicu tindihan.

Sebuah penelitian di University of Toronto menemukan bahwa tindihan atau dalam bahasa ilmiah disebut sleep paralysis terjadi karena perubahan kimiawi di otak. Perubahan tersebut menyebabkan saraf-saraf yang menggerakkan tubuh lumpuh untuk sementara.

Senyawa yang terlibat dalam kelumpuhan saraf-saraf tersebut ada 2, yakni glycine dan GABA (gamma-aminobutyric acid). Saat tidur memasuhi fase REM (Rapid Eye Movement), keduanya bergantian menduduki neurotransmitter dan membuat komunikasi saraf terhenti, seperti dilansir Detik dari Livescience, Rabu (18/7/2012).

Mekanismenya secara pasti memang belum diketahui, namun yang pasti keberadaan kedua senyawa ini sudah terbukti menyebabkan kelumpuhan saat tiba-tiba bangun tengah malam. Jadi bukan karena ditindih hantu, sebab kelumpuhan itu terjadi di otak bukan di alat gerak tubuh.


Fase REM umunya terjadi ketika tidur malam memasuki menut ke 90, lalu berlangsung hampir sepanjang malam. Pada fase tersebut, otak sangat aktif sehingga bisa memunculkan mimpi, menyebabkan orang bisa bicara saat tidur, atau bahkan berjalan dan berhubungan seks tanpa disadari.

Ketika terjadi sleep paralysis, aktivitas otak selama fase REM sebenarnya tetap tinggi. Namun otot-otot tubuh yang harus digerakkan secara sadar tidak bisa merespons perintah dari otak karena jalur komunikasi melalui saraf dilumpuhkan sementara selama diduduki senyawa-senyawa pemicu tindihan.

Para ilmuwan berharap, temuan ini bisa membantu cara mengatasi berbagai gangguan tidur yang terjadi selama fase REM atau disebut sebagai REM Behavior Disorder. Gangguan ini antara lain mencakup ngelindur atau bicara dalam tidur serta berjalan saat tidur.

Video penampakan saat tindihan
Meskipun demikian seorang member dari Youtube Mike Pike pernah menggambarkan bahwa pengalaman kelumpuhan tidur atau sleep paralysis yang sering dialaminya sebagai sebuah pengalaman yang paling menakutkan dalam hidupnya. Masalah inilah yang membuat Pike akhirnya memutuskan untuk memasang dan mendirikan sebuah kamera di kamarnya untuk mengetahui apa yang menyebabkan ia sampai mengalami gangguan tersebut, dan tentu saja berharap dapat menemukan solusinya segera.

"Aku seorang yang rasionalis dan orang yang sangat skeptis dengan kepentingan sebelumnya dalam kegiatan paranormal, tapi setelah melakukan beberapa penelitian pribadi, sepertinya ada kemungkinan bahwa entitas ini adalah nyata," Kata Pike seperti dikutip dari Anaunostic.

Hal ini cukup beralasan, mengingat pada ekan lalu dimana setelah ia menonton ulang rekaman yang dibuatnya, ia melihat sesuatu yang tidak biasa di depan kamera, sebuah bayangan gelap misterius yang muncul secara tiba-tiba dari sisi dinding tepat di bawah kakinya.

"Aku telah menyaksikan rekaman secara berulang-ulang untuk mencoba mencari tahu beberapa penjelasan logis pada apa yang bisa menyebabkan sebuah citra objek misterius itu menjadi apa yang dipercaya sebagai hantu. Tapi sampai saat ini aku belum bisa mendapatkan solusinya", lanjutnya.

Sosok bayangan gelap ini terlihat sekitar detik ke-30 pada video yang dapat Anda saksikan di bawah ini. Dalam video tersebut, bayangan gelap misterius ini terlihat samar-samar, muncul dari bagian bawah dinding dan naik menuju langit-langit di atas tempat tidur, hingga kemudian hilang secara tiba-tiba.

Mau lihat videonya? Ini Dia!!



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews