Blogger news

Rabu, 01 Oktober 2014

2 Gunung dengan Letusan Dahsyat


Letusan Gunung Kelud beberapa waktu lalu sempat menghebohkan sekaligus membuat panik masyarakat di berbagai daerah. Sekalipun lokasi gunung ada di Jawa Timur, tetapi dampak dari letusan sampai ke Jawa Barat berupa debu vulkanis dalam porsi yang melimpah. Namun, jika mau diukur dengan dampak letusan dari dua gunung berikut, letusan Gunung Kelud belum ada apa-apanya.
Majalah TIME mencatat dua gunung dari Indonesia ini sebagai yang paling tenar sejagad karena dampak kerusakan dari letusan yang pernah terjadi.

GUNUNG KRAKATAU

Pada 1883, Krakatau meletus. Kekuatannya sangat menggerikan, 13.000 kali kekuatan bom atom. Suara ledakan dan gemuruh bebatuan yang dimuntahkan bisa didengar dari jarak ribuan mil bahkan sampai pulau-pulau kecil di laut Afrika Timur.

Ratusan orang di Pulau Sumatera tewas seketika saat debu panas menerjang rumah mereka. Prahara tak sampai di situ. Letusan Krakatau memicu mega-tsunami. Diperkirakan lebih dari 36.000 jiwa tewas saat itu dan banyak korban yang tidak bisa dikuburkan. Pasca meletus, Krakatau merosot ke dalam laut, namun setelah itu pulau baru disadari muncul di lokasi yang sama pada 1927 dan sesekali mengeluarkan semburan lava. Itu disebut Anak Krakatau.

Gunung Krakatau (www.belantaraindonesia.org)

GUNUNG TAMBORA

Data Volcanic Explosivity Index (VEI), indeks letusan gunung yang mirip skala Richter untuk mengukur kekuatan gempa ada pada skala 1-8. Letusan Gunung Tambora pada 1815 ada pada skala 7. Itu artinya sangat merusak. Ledakan Tambora membuat kawasan Sumbawa dan sekitarnya berada dalam kegelapan. Puluhan ribu orang tewas akibat dampak letusan, tsunami, menyusul kemudian, kelaparan dan penyakit.

Kekuatan letusan Tambora adalah yang terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah. Panas yang menyembur melubangi atmosfer dan mengubah iklim dunia. Tak ada musim panas pada 1816 di Eropa dan Amerika Utara ‘the year without summer’. Tambora turun ke dalam tanah beberapa ribu kaki, meninggalkan kawah besar di puncaknya.

ilustrasi letusan Tambora (id.zulkarnainazis.com)

Hiiii ... ngeri juga ya ternyata dampak letusan sebuah gunung. Semoga ke depan nggak terjadi lagi atau sekalipun terjadi, semoga dampaknya nggak sengeri dua letusan di atas.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews