Blogger news

Minggu, 28 September 2014

Berkenalan sama Filarial Worm ...

Ada banyak nama penyakit yang menghinggapi manusia, tetapi penyebutannya diambil dari nama binatang. Salah satunya adalah penyakit KAKI GAJAH yang sama sekali tidak disebabkan binatang berbadan besar, berbelalai panjang, dan berkuping lebar tersebut.

Ilustrasi penderita kaki gajah (lechitelnet)


Penyebab penyakit KAKI GAJAH adalah cacing filarial atau filarial worm. Binatang parasit ini dapat menular dari satu orang ke orang lain melalui arthropoda pemakan darah (terutama lalat hitam dan nyamuk). Cacing berbentuk bulat ini juga dapat masuk ke mata dan menyebabkan penyakit jenis lain yang disebut river blindness atau onchocerciasis.

Orang yang terkena penyakit ini akan mengalami edema penebalan kulit dan jaringan di bawah kulit, lalu kakinya akan membengkak dengan ukuran cukup besar sehingga mirip dengan kaki gajah.  Cacing ini banyak berdampak pada manusia, sapi, domba, anjing.

Konon kabarnya telah dilakukan rangkaian kampanye yang cukup gencar untuk menghilangkan filarial worm  ini sehingga diharapkan pada 2020 nanti, tidak ada lagi penderita KAKI GAJAH di dunia. Hmmm ... usaha yang mulia sekali ... yuk kita doakan supaya program ini sukses!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews