Blogger news

Selasa, 30 September 2014

Penggemar Makanan Mentah ... Hati-hati ya...

Salah satu penyajian Sashimi (sashimi.se)
Tren makan masakan Jepang melanda ke banyak negara, bukan hanya di negara asalnya. Kita mungkin sudah familiar dengan nama-nama seperti Sushi, Bento, Yakiniku, atau Sashimi. Ada yang mungkin sudah coba semuanya atau salah satunya. Namun, kita perlu berhati-hati saat menyantap masakan, terutama bila disajikan secara mentah dan diolah dengan cara yang kurang pas. Salah makan, bisa kena akibat yang serius seperti dialami oleh pria dari Guangzhou ini.

Pria ini dilaporkan gemar mengkonsumsi makanan Sashimi yang berupa irisan ikan mentah dan disajikan dalam kondisi segar dengan cuka khas Jepang. Kegemaran menyantap Sashimi diduga telah membuat tubuhnya sudah tercemar bakteri. Pria Cina yang tak disebutkan namanya itu kini dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Guangzhou Provinsi Guangdong, Cina bagian Timur.

Pria tersebut menjadi sarang hidup ribuan parasit cacing pita yang hidup di hampir seluruh tubuh pria malang tersebut. Seluruh bagian dada, punggung, hingga pinggang dan pahanya dikerubungi cacing pita sepanjang 3-4 sentimeter. Dokter rumah sakit mengatakan sebelumnya pasien tersebut datang dengan keluhan sakit perut dan gatal di sekujur kulitnya.

Dalam pemeriksaan lebih lanjut, seperti dilansir dari laman THREAD, dokter menduga irisan daging ikan mentah dalam sashimi sudah tercemar telur cacing pita. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi ikan mentah atau yang dimasak dengan tidak sempurna bisa mengakibatkan berbagai infeksi parasit. Nah, infeksi cacing pita ini terjadi setelah menelan larva diphyllobothrium yang ditemukan pada ikan tawar. Larva itu tetap ada meski ikan tersebut sudah diasinkan dan diasapi.

Peningkatan kasus sashimi cacing pita lebih disebabkan oleh meningkatnya popularitas makanan mentah, seperti sushi dan sashimi. Salah satu dokter di Rumah Sakit Umum Guangzhou, Cina mengatakan bahwa makanan yang terkontaminasi telur cacing pita bisa menyebabkan cysticercosis atau kondisi ketika cacing dewasa masuk ke aliran darah seseorang.

Infeksi seperti ini tak bisa dianggap remeh dan bisa mengancam nyawa, terlebih jika cacing pita mencapai otak manusia. Oleh karena itu, dihimbau kepada Anda agar memperhatikan cara penyajian dan masak sashimi atau sushi bagi penggemar makanan khas Jepang tersebut.

Hiii...ngeri ya...yuk lebih berhati-hati dalam hal makanan dan minuman yang kita nikmati. Pastikan berasal dari bahan yang sehat, dimasak secara sehat, dan disajikan dengan benar juga.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews