Blogger news

Jumat, 19 September 2014

Kulit Pisang itu Liciiiin...!


Korban terpeleset kulit pisang (todayifoundout.com)

Apakah Anda pernah terpeleset kulit pisang lalu hampir jatuh atau malah sudah nggeblak plus terjengkang gara-gara kulit pisang? Kalau belum mengalami, mudah buat kita menertawakan orang yang kebetulan terpeleset kulit pisang. Tapi pernahkah terbayangkan ada orang yang serius meneliti, lalu menemukan alasan ilmiah mengapa kulit pisang licin sehingga bisa membuat orang terjatuh?

Belum lama ini, seperti dilansir BBC, seorang peneliti asal Jepang menemukan alasan ilmiah mengapa kulit pisang licin. Hasil penelitian itu juga memenangi penghargaan Ig Nobel, sebuah penghargaan parodi atau lelucon yang terinspirasi dari penghargaan Nobel. Ig Nobel biasanya diberikan sebagai penghargaan pada penelitian yang unik dan di luar kebiasaan.Penghargaan ini telah menjadi hampir setenar Nobel dan tahun ini acara penghargaan tahunan dilakukan di Universitas Harvard, Amerika Serikat.

Pemenang Ig Nobel, yaitu tim Kiyoshi Mabuchi asal Jepang, mengukur gesekan kulit pisang di laboratorium, dan menunjukkan mengapa apel dan kulit jeruk tidak begitu berbahaya.Untuk penelitiannya itu, kelompok Universitas Kitasato ini menerima penghargaan fisika Ig.

Mungkin ini terdengar konyol ketika pertama kali mendengarnya, namun jika pelajari lebih dalam, ternyata ada hal yang cukup serius.Penelitian ini menunjukan bahwa ada sebuah gel organik yang membuat kulit pisang licin dan gel tersebut juga ditemukan pada membran di mana dua tulang manusia bertemu.
"Konsep ini akan membantu ilmuwan mendesain prostesis sendi," ujar Kiyoshi Mabuchi kepada BBC News.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews